Rabu, 17 Mei 2017

KEBIJAKAN BUPATI HUMBAHAS DINILAI HANYA JANJI

Persawahan PAPATAR (15/04/2017)
Petani HUMBAHAS (Ingin) HEBAT

"Bahen Mura Arga ni Pupuk"  Kalimat ini benar-benar mampu memikat para Petani Humbang Hasundutan dikala pesta demokrasi tahun-tahun kemarin. Hak ini jelas disampaikan oleh banyak masyarakat Humbang Hasundutan di PAPATAR saat beramah-tamah dengan tim Survey Gen-PAPATAR minggu kemarin.

Melihat kondisi Humbang Hasundutan yang masyarakatnya mayoritas sebagai petani tentu "Pupuk" adalah hal yang begitu pokok bagi mereka.

Kelompok tani saat ini begitu hangat-hangatnya di Humbang Hasundutan ternyata di sebagian besar wilayah tidak begitu memberi manfaat yang berarti.

"Kita akui, memang kehadiran kelompok tani kali ini kita apresiasi. Tapi, bagi kami dan sebagian besar di Humbang Hasundutan. Kami rasa program ini sangat-sangat perlu dikaji ulang. Peran pemerintah dalam merangkul petani sangatlah perlu. Kami masyarakat buta soal ilmu pertanian modern. Sementara, kondisi lahan pertanian saat ini sudah harus disentuh dengan otak-otak para ahli pertanian, kalau ingin ada kemajuan pertanian kita", demikian dipaparkan oleh seorang petani yang saat itu kami jumpai di wilayah Simanullang Toruan Pakkat, Tarabintang hingga Parlilitan

 
Kegiatan-kegiatan seperti inilah yang seharusnya dilakukan oleh pemerintah kabupaten. Tidak semata-mata menerka-nerka apa yang menjadi kebutuhan rakyatnya.

Selain itu dari pengakuan mereka, saat ini mereka tidak merasakan ada harga pupuk yang murah. "Dari dulu sampai sekarang persoalan harga pupuk ini masih menjadi penghalan terhadap kualitas pertanian" demikan mereka sampaikan.

Dari survey yang kami lakukan, saat ini yang paling dibutuhkan masyarakat adalah Sentuhan nyata pemerintah dalam memberi "Pencerdasan" bagaimana bertani. Tentu bertani yang lebih baik dari yang selama ini yang manq hasil pertanian hanya cukup bahkan kurang untuk konsumsi sehari-hari. Karena jika hanya demikian, baiknya status pekerjaan mereka yang di KTP tak lagi layak dicantumkan.

Bertani untuk mencukupi kebutuhan dan mampu menopang perekonomian daerah, itulah harapan kita.

Kami yakin pemerintah terkait mampu menjawab keluhan masyarakat. Banyak hal yang bisa dilakukan. Memaksimalkan fungsi Penyuluhan Pertanian kami pikir sangat perlu.

Mesin2 pertanian seperti sekarang ini tidak akan berdampak banyak. Karena mereka yang di daerah perbukitan tidak mungkin butuh itu.

Salam Peduli Humbang Hasundutan dari kami Generasi PAPATAR.
Gen Papatar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar