Jumat, 17 Februari 2017

MERDEKA?

Foto: FK-MPR Medan

Dalam risalah yang berjudul Mencapai Indonesia Merdeka (1933) Bung Karno menulis bahwa dalam Indonesia yang merdeka nanti, Indonesia bukan saja merdeka dalam bidang politik, tetapi juga merdeka dalam bidang ekonomi, dan lain-lain.

Jangan sampai secara politik kita sudah lepas dari penjajahan Belanda, tetapi dalam bidang ekonomi, kita masih dijajah, baik oleh bangsa asing, tetapi juga dijajah oleh bangsa sendiri.
Kekhawatiran Bung Karno menjadi nyata, bukan saja sekarang tetapi sejak Orde Baru berkuasa. Padahal, pada 1967, ketika mulai berkuasa, Presiden Soeharto mencanangkan tekad untuk melaksanakan Pancasila dan UUD 45 secara murni dan konsekuen. Dan, Orde Baru didefinisikan sebagai tatanan kenegaraan yang diletakkan pada kemurnian Pancasila dan UUD-45.

Tetapi, kenyataan di lapangan lain. Kekayaan yang terkandung di dalam bumi dan air serta di atas bumi juga dikuasai kapitalis asing maupun kapitalis domestik. Lihat saja Pembangunan Rel di Medan yang berakibat mentelantarkan rakyat. Begitu megahnya pembangunan-pembqngunan. Namun, adakah itu dinikmati rakyat kita? Bahkan untuk tempat berteduh kini mereka tak punya. Dan masyarakat yang memiliki lahan itu sendiri terabaikan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar